HEADLINEJurnalistik

Launching Photo Story about Tana Toraja dan Diskusi Terbuka:
Senja di Pango-Pango Bersama Awak Media dan LSM

Spread the love

Agupenatanatoraja – Makale Selatan

Tana Toraja yang kaya dengan panorama alam, adat budaya, interaksi sosial dan nilai-nilai kultur perlu diperkenalkan secara holistik dan universal ke seluruh penjuru dunia. Hal itu tertuang dalam keseluruhan rangkaian Pesona Toraja Kemilau sepanjang bulan Desember dan tercover kontennya dalam kegiatan Launching Photo Story about Tana Toraja, Objek Wisata Pinus Pango-Pango, 23 Desember 2019.

Rospita Napa, Kadis Pariwisata Tana Toraja mengungkapkan foto-foto yang akan ditampilkan nantinya pada bulan Desember 2020 adalah hasil dari lomba foto series yang bertemakan tongkonan dan Rambu Solo’ yang pendaftarannya dimulai dari tanggal 24 Desember 2019 hingga 7 Desember 2020. Total hadiah yang diperebutkan adalah 60 juta rupiah untuk dua kategori lomba foto bercerita. “Sebuah photo dapat bercerita tentang banyak hal tentang Tana Toraja seperti pada acara Rambu Solo’ dan tongkonan”, papar Napa yang juga Ketua Panitia Kemilau Pesona Toraja – Photo Story Tana Toraja.

Acara yang dimulai pukul 14.15 itu dibuka oleh Sekda Tana Toraja, Semuel Tandi Bura. Semuel berpendapat adanya photo story about Tana Toraja adalah inovasi Dinas Pariwisata yang dapat memotivasi masyarakat dan memberikan informasi tentang Toraja bagi generasi yang ada saat ini dan pada generasi yang akan datang.

Ikut hadir sebagai tamu undangan: Kadis Tenaga Kerja, Kadis Koperasi Camat Makale dan Makale Selatan, para awak media/pers dan LSM/NGO serta perwakilan beberapa OPD.

Selepas launching photo story about Tana Toraja, acara dilanjutkan dengan diskusi terbuka tentang jurnalistik: kode etik dan batasan dalam penulisan karya jurnalistik. Sebagai narasumber, Mardiana Rusli eks Ketua KPU Sulsel dan eks wartawan senior AnTV dan Risal Randa, Ketua KPU Tana Toraja dan eks wartawan senior liputan 6 SCTV. Diskusi yang berjalan alot itu dimoderatori oleh Berty Mangontan, Kadis Kominfo Tana Toraja, dan Ivan Kalalembang, Kabid Pengembangan BKPSDM Tana Toraja.

Selang pemaparan materi, Wabup Tana Toraja, Viktor Datuan Batara hadir dan menyalami peserta yang sebagian besar adalah awak media lokal. Viktor mengaku datang sebagai tamu dan meminta kepada moderator untuk berbagi pengalaman sebagai insan pers, kenangnya sewaktu masih menjadi wartawan kampus di UNHAS, dan harapannya agar awak media lokal di Tana Toraja dapat menjadi mitra yang baik bagi pemerintah setempat.


Tim Agupena


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *