HEADLINEJurnalistikKegiatan

Putra Toraja Ini Mendapat Kepercayaan Melatih Bisnis Online di Kab. Sidrap

Spread the love

AGUPENATANATORAJA.org, Sidrap – Maraknya bisnis online di Indonesia mendorong Dekranasda Kab. Sidrap melaksanakan Pelatihan Bisnis Online dengan mengundang Pemateri Junsmark Manukallo (jems) dari RKB TELKOM Tans Toraja, Senin (18/11). Kegiatan tersebut difasilitasi langsung oleh RKB TELKOM Sidrap sebagai bentuk pelayanan prima terhadap pelaku UMKM dalam era digitalisasi.

Pelatihan sehari penuh yang ditempatkan di Aula Rujab Bupati itu dibuka oleh Ketua Dekrasda Kab. Sidrap, ibu Hj. Myliani Dolla. Istri Bupati Sidrap itu mendorong peserta agar lebih melek digital untuk meningkatkan pendapatan. Peserta pada kegiatan itu dihadiri oleh pelaku UMKM sebanyak 50 orang dan disaksikan oleh beberapa kepala OPD terkait.

Jems yang tiba-tiba ditunjuk sebagai pemateri inti mengaku baru saja pulang dari Jakarta mengurus dokumen keberangkatan salah satu binaan RKB Tana Toraja untuk mengikuti pameran internasional di Milan Italia, langsung memenuhi undangan untuk membawa materi. Pria kelahiran Soroako ini telah berpengalaman secara nasional membawakan berbagai materi terkait bisnis berbasis online, perizinan dan standarisasi UMKM, branding dan pemasaran produk UMKM, hingga inovasi dalan menciptakan produk-produk unggulan yang laku di pasaran.

Hadir bersama Jems, pemateri dari Gapura Digital Makassar mengangkat topik Google Bisnis bagi UMKM. Jems menyebutkan bahwa di Kota Sidrap sendiri ada salah satu UMKM yang sukses dengan makanan ala jepang. Tambah Jems, UMKM ini bisa dijadikan contoh sebagai UMKM yang siap bersaing dalam pasar global melalui bisnis daring.

Hasil yang ingin dicapai melalui kegiatan yang sarat curah pendapat tersebut adalah pelaku UMKM pada akhirnya mampu memanfaatkan media sosial dan market place dan jejaring internet sehingga produk-produk UMKM di Kabupaten Sidrap dapat menembus pasar yang lebih luas lagi.

Tim


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *