Kegiatan

AGUPENA DKI JAKARTA GELAR GERAKAN MENULIS MULIA (GEMA) EPISODE 1

Spread the love

AGUPENAJakarta, Diskusi Gerakan Menulis Mulia disingkat GEMA digelar pada hari Rabu (9/02/22) via webinar. Kegiatan ini dimotori oleh AGUPENA Jakarta dan diikuti oleh peserta AGUPENA dari seluruh Indonesia.

Webinar mengangkat tema ”Membangun Budaya Literasi, Memperkuat Pondasi Pendidikan dan Karakter Bangsa” dibuka Dr. Supangat Rohani, MA. (ketua DPW Agupena DKI Jakarta). Ikut memberikan penguatan dan apresiasi adalah Ketua Umum AGUPENA M. Ardy Ali, S.Sos, MM.

Ardy Ali menilai Gerakan Menulis Mulia Episode 1 ini sebagai inspirasi di awal tahun 2022 bagi pengurus dan anggota AGUPENA di seluruh Indonesia untuk berkarya sesuai potensi masing-masing.

“GEMA (Gerakan Menulis Mulia Bersama AGUPENA) akan terus Bergulir di 34 Provinsi di Indonesia dan merupakan ikon Spirit dalam Program Roadshow Penggiatan Literasi AGUPENA DPP Periode 2021-2026 untuk memberdayakan dan merealisasikan Program Nasional AGUPENA dari pengurus baru DPP periode 2021-2026 kepada pengurus DPW-DPC AGUPENA Se-Nusantara Agar Organisasi Profesi Guru kita Menunjukkan Eksistensi; Produk Karya dan Bhakti Nyatanya sebagai Pengurus untuk Kemajuan Literasi di Republik ini. Olehnya itu menindaklanjuti diskusi kita, mari lahirkan satu buku bersama sebagai implementasi dari topik yang dibahas pada diskusi virtual”, tambah Ardy Ali.

Diskusi yang berlangsung hampir 3 jam dipandu oleh Naim Irmayani, S.Pd., M.Pd. Anggota Pengurus Bidang Seni, Sosial Budaya, Olahraga dan Kesehatan DPP AGUPENA ini menghadirkan para pegiat literasi nasional yaitu pembicara-pembicara yang sudah berpengalaman dalam menulis buku-buku best seller. Pembicara yang dimaksud antara lain: Dr. Naijan Lengkong, M.Pd. Ketua Dewan Pembina DPP AGUPENA, Dr. Supangat Rohani, MA. penulis buku berjudul “Mengenal Kurikulum Prototipe”, juga mengisi materi dengan pengalamannya selama bertugas di Jepang adalah Alamsyah Said, S.Pd.,M.Sc. Dosen Tamu Program Pasca Sarjana Dikdas UNJ dan Penulis Buku Best Seller “95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences”. Berikut tokoh praktisi pendidikan lainnya yaitu, A. Ramdani, S.Pd.I adalah pelatih guru penggerak dan penulis buku “Pendidikan Untuk Kehidupan”, dan Iswadi, M.Pd. Kepala Perpustakaan SMAN 21 Bekasi, penulis buku “School of Reseach”.

Sehari selepas diskusi virtual, DPP AGUPENA memutuskan untuk mengapresiasi diskusi virtual dengan mengajak seluruh peserta diskusi membuat antologi tulisan yang nantinya akan dibukukan dan berISBN. Sesuai SOP, Isi buku dapat berupa: opini, esai, atau cerita pendek, dengan judul bebas namun mengacu pada tema “Membangun Budaya Literasi”, panjang tulisan 3-8 halaman A4, line spasi 1.5, dan font 12 TNR.

Gerakan Menulis Mulia Episode 1 yang digagas dan dilaksanakan oleh AGUPENA DKI Jakarta ini akan dilanjutkan dengan GEMA Episode 2. Untuk itu Ardy Ali selaku Ketua Umum AGUPENA mendorong kepengurusan AGUPENA seluruh Indonesia untuk memasukkan kalender kegiatan agar jadwalnya diatur dan disesuaikan dengan kegiatan lain yang sama pentingnya.

Humas DPP AGUPENA


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *