Kegiatan

Kapolres Tana Toraja Tutup dan Apresiasi Pelatihan SAR Gunung dan Hutan KPA-ART

Spread the love

AGUPENA – TANA TORAJA, Kelompok Pencinta Alam Anak Rimba Tana Toraja (KPA-ART) menggelar latihan SAR Gunung Hutan selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 5 – 6 Agustus 2023 bertempat di Desa Wisata Patengko Kec. Mengkendek.

Dukungan penuh diberikan oleh Kapolres Tana Toraja, AKBP Malpa Malacoppo, SH., S.I.K., M.I.K. dengan menerjunkan Tim Tanggap Bencana Polres Tana Toraja untuk mengikuti latihan bersama dan simulasi tanggap bencana, termasuk di dalamnya latihan evakuasi korban bencana serta orang hilang.

Di hari terakhir (6/8/23), Ketua KPA – ART Arsyad Parende mengungkapkan penghargaan sekaligus rasa terima kasih kepada Kapolres beserta tim dan juga perwakilan dari BPBD Tana Toraja dan Basarnas Palopo.

Pemateri dari Basarnas Palopo, Mikel Marfemi mengingatkan 3 hal utama yaitu pentingnya: kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, dan lingkungan hidup yang terkena dampak bencana,
kegiatan pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, dan pengurusan pengungsi atau korban bencana, dan
kegiatan penyelamatan dan pemulihan prasarana dan sarana yang rusak akibat bencana.

Kegiatan pelatihan ditutup oleh Kapolres Tana Toraja. Kapolres mengatakan bangga sekaligus mendukung kegiatan serupa. Dia pun meminta kegiatan tersebut agar rutin dilakukan ke depannya.

“Pelatihan ini berguna bagi masyarakat yang sedang mengalami bencana alam atau sedang mengalami musibah karena kelalaian, sehingga dengan nilai tambah dari pelatihan ini akan melengkapi personil untuk melakukan tanggap bencana, apalagi menurut perkiraan BMKG dalam rentang bulan Agustus – Oktober akan terjadi musim kemarau yang rentan menciptakan kebakaran sehingga dengan adanya pelatihan ini maka personil sudah siap untuk menghadapinya,” tutup Kapolres.

Kontributor: Bahtiar Azis


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *