KNPI BERGERAKOlahraga

WAKIL BUPATI TANA TORAJA TENDANG BOLA KE GAWANG RESTU TANGAKA, SIMBOL FUTSAL KNPI CUP I DIBUKA RESMI

Spread the love

AGUPENATANA TORAJA, KNPI Tana Toraja secara resmi membuka rangkaian kegiatan HUT KNPI yang Ke-50, Kamis (25/05/23) di Lapangan Futsal STIKES Lakipada, Starda Makale. Agenda pertama yang dilaksanakan adalah Pertandingan Futsal KNPI CUP I yang diikuti oleh 32 tim futsal dari berbagai wilayah di Tana Toraja, Toraja Utara, dan dari kabupaten lain di Sulsel.

Pada acara pembukaan Ketua KNPI Tana Toraja Restu Tangaka menekankan fungsi dan peran pemuda membangun identitas dirinya melalui aksi-aksi positif dan sportif, seperti pada momentum futsal KNPI CUP I. Di hadapan tamu undangan, Restu mengingatkan apa yang dilakukan KNPI Tana Toraja hari ini adalah kerja iklas, dan langkah berani di balik resistensi yang tengah dihadapi, yang dilakukan dengan harapan energi positif yang ada pada pengurus dapat ditularkan ke seluruh peserta futsal. Melalui futsal Restu berharap pemuda kembali bersatu, mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan di masa depan.

Secara berganti-gantian memberi sambutan, John Rende Mangontan, Anggota DPRD Provinsi, memberi penguatan yang tidak biasa pada seluruh tamu undangan dan peserta yang umumnya pemuda dari berbagai latar belakang. Melalui yel yel yang diajarkan, legislator yang kaya dengan pengalaman membuat event-event besar itu mencoba menanamkan pola pikir maju, kreatifitas, dan cara untuk menjaga semangat di masa muda agar dalam kondisi apapun mampu berbuat sesuatu yang luar biasa.

Apa yang disampaikan oleh John Rende Mangontan diteruskan oleh Ketua DPRD Tana Toraja, Wellem Sambolangi, bahwa kegiatan futsal yang dilaksanakan oleh KNPI Tana Toraja merupakan langkah cerdas yang harus diapresiasi. “KNPI berpikir cerdas, KNPI Tana Toraja membuktikan kemampuan yang mereka miliki, dan kita seharusnya menyambut langkah-langkah berani ini,” ucap Wellem.

Langkah berani yang dilakukan oleh Panitia HUT dengan membuat berbagai event sementara daya dukung dalam hal pendanaan sangat minim inilah yang mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Menurut Ketua Panitia, Anggi Utama Gaffar, HUT KNPI Ke-50 dirayakan dengan 4 cabang pertandingan olahraga yaitu futsal, takrow, bulu tangkis, dan vollet, yang semuanya dikemas dalam CUP I.

Selain itu ada juga event dalam bentuk workshoop pemanfaatan kecerdasan buatan dalam dunia pendidikan dan pemerintahan, FGD terkait pertanian, dan dialog kebangsaan yang dikemas dalam Kemah Pemuda di Objek Wisata Ollon, yang oleh Panitia akan memperjuangkan Bapak Gubernur Sulawesi Selatan untuk hadir bermalam di Ollon bersama pemuda.


Ikut dalam undangan, Leninda Tondok, aktivias dan pemerhati anak dan perempuan ikut berbagi semangatnya dengan para pemuda. Sosok Leninda yang aktif dan peka, adalah bagian dari impiannya menemani pemuda untuk misi-misi mulianya di kemudian hari. KNPI Tana Toraja secara khusus memberi apresiasi atas kehadiran tokoh wanita yang selalu aktif di garda terdepan membela perempuan dan anak, uncap Restu bersama Ketua Panitia.

Pertandingan Futsal yang mulai digelar kamis ini hingga sabtu 27 Mei 2023 akhirnya dibuka secara resmi oleh Bapak Wakil Bupati Tana Toraja. Sebelum menendang bola ke gawang yang dijaga oleh Restu Tangaka sebagai simbol dimulainya pertandingan futsal, dr. Zadrak Tombeg menyampaikan pesan penting bahwa Pemerintah Daerah selalu mendukung kegiatan-kegiatan kepemudaan, dan berharap ke depan pemerintah daerah akan memiliki kemampuan untuk menyiapkan lapangan olahraga yang dapat difungsikan oleh pemuda untuk mendukung bakat dan talenta dalam berolahraga.

Futsal KNPI CUP I yang dibuka oleh Wakil Bupati memberikan aura yang berbeda. Tampak dengan jelas Wakil Bupati begitu menikmati menendang bola ke gawang Restu Tangaka. Walau bola itu tidak masuk, namun menurut beberapa pemuda mengutarakan rasa takjubnya, bahwa baru pertama kali ini melihat pemerintah begitu dekat dengan pemuda. Bisik Musram panitia pelaksana, “semoga ke depan pemerintah benar-benar ada untuk pemuda dalam berkegiatan.”

Kontributor: Hajar Aswad


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *