ORGANISASI

Ketua IPPEMSI Apresiasi Pihak Gereja Swadaya Jalan Poros Simbung-Mappak

Spread the love

AGUPENATANA TORAJA, Jalan poros Simbuang-Mappak diterjang longsor mengundang keterlibatan pihak Gereja Paroki Kondodewata terjun mengambil peran menginisiasi swadaya pengerjaan jalan yang rusak di Kecamatan Simbuang dan Mappak, Senin (15/05/23).

Swadaya yang dilakukan pihak gereja, disinyalir lambannya penanganan dari pemerintah untuk membersihkan longsor yang menerjang jalan poros Simbuang-Mappak, Tana Toraja pada beberapa hari belakangan ini disebabkan curah hujan yang tinggi.

Kegiatan swadaya jalan yang dilakukan pihak gereja paroki Kondodewata diapresiasi oleh Ketua Umum IPPEMSI Makassar, Yoris Bomba. Menurutnya, pemerintah seharusnya malu dan mestinya mengevaluasi stakeholder yang ada, mengapa lamban dalam pengerjaan.

“Tentu kita sangat mengapresiasi langlah konkrit yang dilakukan pihak Gereja Paroki Kondodewata, karena kondisi dan keprihatinan menjadi panggilan untuk melakukan swadaya pengerjaan jalan, walaupun itu tanggung jawab dari pemerintah”, Tutur Yoris.

Diketahui jalan yang di swadaya merupakan jalan yang berstatus jalan Kabupaten Tana Toraja dan Jalan Provinsi Sulawesi Selatan dibawah tanggung jawab Pemkab Tana Toraja dan Pemprov Sulsel.

Dua unit excavator disewa oleh pihak gereja di turunkan untuk penanganan jalan yang sedang rusak atau jalan yang tertutup longsor dibeberapa titik tepatnya di Desa/Lembang Miallo, Desa Tanete dan Kelurahan Kondodewata.

“Ini tamparan keras untuk pemerintah terkait, berharap kedepannya ada keseriusan dan kerja nyata yang dilihat masyarakat Kec. Simbuang dan Mappak, entah itu dalam bentuk aktivitas perawatan/perbaikan jalan ataupun pembangunan jalan, berharap Bupati dan Gubernur mengevaluasi stakeholder yang terkait”, Tutup Yoris.

Mengetahui soal swadaya pengerjaam jalan itu, Ketua Umum IPPEMSI Makassar melakukan komunikasi ke Dinas PUTR Sulsel UPT Toraja, guna menanyakan dan mendesak agar alat excavator milik PU Sulsel yang sementara di Kec. Simbuang Desa Makkodo di operasikan segera.

@Tim


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *