KNPI BERGERAK

JELANG DIES NATALIS KE-50, KNPI TATOR JALIN KOMUNIKASI DENGAN SEJUMLAH INSTITUSI DAN PAPARKAN SEJUMLAH EVENT

Spread the love

AGUPENATANA TORAJA, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) akan merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Setengah abad perjalanan KNPI menuju 23 Juli 2023 telah menorehkan berbagai catatan sejarah tentang kiprah pemuda yang sinergis dengan perjalanan bangsa ini. Dalam umur yang tidak singkat itu, eksistensi dan wujud dari peran pemuda pada berbagai lini kehidupan berbangsa telah ditampilkan dari generasi ke generasi.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh dalam Forum Diskusi Denpasar 12 di Denpasar Januari 2023 pernah menyinggung soal Sinergi Strategi Pemberdayaan Pemuda. Pernyataan Asrorun menitikberatkan peran publik pemuda pada berbagai aspek kehidupan dan berbangsa. KNPI selama beberapa dekade telah terlibat dalam berbagai peran publik, terkhusus DPD II KNPI Tana Toraja dalam satu tahun terakhir telah berbagi peran dan meninggalkan beberapa kinerja positifnya. Apa yang sudah diperbuat oleh KNPI Tana Toraja terekam secara dinamis dalam jejak digital di berbagai pemberitaan media massa.

Menyadari pentingnya otentifikasi dan keterlibatan pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, KNPI Tana Toraja terus berkomitmen kuat dan bulat untuk terus berkarya melalui Dies Natalisnya yang ke-50 yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2023. KNPI Tana Toraja telah membentuk Panitia Perayaan HUT dan menjadwalkan berbagai event kegiatan yang berpotensi mendorong mobilisasi pemuda dalam berbagai event tersebut.

Beberapa event jelang Dies Natalis KNPI ke-50 rencananya akan dibuka pada tanggal 20 Mei 2023 dengan agenda sebagai berikut:

  1. Kegiatan Pra HUT terdiri dari:
    a. Latihan Berjenjang Pencak Silat (IKSPI) Kelompok Perguruan Silat Kera Sakti binaan KNPI Tana Toraja.
    b. Seminar Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang bertemakan “Peran dan Praktik AI Mengubah Masa Depan; Ancaman atau Peluang?”
    b. Workshoop Entreprenurship untuk Pemuda bertemakan “Mental dan Tren Bisnis, Ekspansi Pemuda Menuju Digital Entrepreneurship 5.0”.
    c. Pelatihan Jurnalistik Berjenjang untuk Pemuda dalam Kelas Jurnalistik berjudul “Kelas Jurnalistik untuk Rakyat”.
    d. Fokus Group Discussion dengan tema “Farmers Forum and Music: A Discussion on Modern Agriculture Techniques”.
    e. Turnamen olahraga bertopik “KNPI Cup I” untuk olahraga: futsal, sepak takrow, Bola Voli dan bulutangkis.
  2. Kegiatan Puncak HUT berupa seremonial secara protokoler oleh Pengurus dan Panitia KNPI DPD II Tana Toraja yang akan ditempatkan di Objek Wisata Ollon di Lembang Ollon Kec. Bonggakaradeng. Kegiatan diberi nama Ollon Youth Camp, yakni Perkemahan Pemuda yang dirangkaikan dengan Pertandingan Bola Volley dan Dialog kepemudaan dan Kebangsaan. Dialog akan mengangkat isu-isu strategis – nasional – global serta moderasi beragama yang sedang berkembang, berikut menjawab tantangan yang ditimbulkan dari ragam fenomena tersebut.

Agenda acara yang padat dan kesan positif yang ditimbulkan dari pelaksanaan tiap event menginisiatif Panitia HUT dan Pengurus DPD II KNPI Tana Toraja untuk menjalin komunikasi dan keakraban dengan sejumlah institusi. Beberapa institusi yang telah dikunjungi pada Jumat (5/05/23) lalu antara lain Polres Tana Toraja, Institut Agama Kristen Negeri Tana Toraja, dan DPRD Tana Toraja yang langsung disambut hangat oleh Ketua DPRD Tana Toraja sendiri Wellem Sambolangi, SE. yang secara serius mendukung kegiatan KNPI dalam Perayaan Dies Natalis ke-50.

Di samping membangun komunikasi dan melaporkan kegiatan HUT, KNPI bersama Kapolres Tana Toraja AKBP MALPA MALACOPPO, SH.S.I.K., M.I.K. menyepakati beberapa poin penting antara lain: sinergitas KNPI dengan Kapolres, mendorong kegiatan-kegiatan kepemudaan yang dinilai positif, mendorong percepatan perekonomian, memasifkan promosi wisata agar menarik bagi seluruh wisatawan dan investor, dan KNPI mendukung penuh Kepolisian dalam memberantas pengedaran narkoba dan penyakit sosial lainnya.

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh Rektor IAKN Dr. Joni Tapingku, M.Th. yang menyambut usulan diadakannya Kemah Toleran atau Camping Pemuda dan Mahasiswa (Youth Camp) yang rencananya akan dilaksanakan di hari puncak Dies Natalis KNPI pada 23 Juli 2023. Harapan Rektor IAKN bahwa melalui kegiatan tersebut, pemuda selain berbagi keilmuan dan membina kekerabatan juga sekaligus mempromosikan Pariwisata yang ada di Ollon.

Restu Tangaka sendiri telah membuat plan terkait kegiatan puncak di Destinasi Ollon. Restu berniat mengundang KNPI Provinsi dan DPD di 24 Kabupaten untuk hadir di Ollon, termasuk harapan terbesar Panitia bersama Pengurus DPD II bahwa Gubernur Sulsel dapat hadir dan bermalam semalam di Ollon untuk ikut berdiskusi dengan pemuda.

Tidak berhenti pada institusi yang sudah dikunjungi, Panitia bersama Pengurus DPD bakal menyasar belasan institusi lainnya yang dianggap dapat bersinergi sekaligus membangun komunikasi untuk kemaslahatan pemuda. Selain institusi, panitia menjadwalkan akan bertemu dengan berbagai figur potensial yang dianggap dapat hadir dalam dialog kebangsaan, mengingat menurut Restu adalah penting agar pemuda dapat diinspirasi sekaligus pengalaman sosial dari para figur tersebut dapat dijadikan jembatan bagi pemuda untuk berkarya.

Ketua Panitia Dies Natalis KNPI ke-50 Anggi Utama Gaffar, S,Th. setelah dikonfirmasi saat ini tengah mengupayakan berbagai cara terkait pendanaan kegiatan. Titipnya dalam pemberitaan ini ada donator yang peduli untuk berpartisipasi dan bersama pemuda merayakan Dies Natalis KNPI ke-50.

Kontributor: Hajar Aswad


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *