Kejadian

Marnolinus Ledon Ketua GMKI Periode 2008-2010 Angkat Bicara Kasus Terbunuhnya Aktivis Awal Bangai

Spread the love

AGUPENAPALOPO, Marnolinus Ledon mantan Ketua GMKI Kota Palopo Periode 2008 – 2010 angkat bicara terkait pembunuhan yang menimpa aktivis GMKI Awal Bangai.

Awal Bangai adalah aktivis GMKI era kepengurusan Bung Manno (sapaan akrab) dan pernah menjabat sebagai Ketua GMKI Kota Palopo periode 2011-2013. Awal Bangai diketahui dibunuh secara sadis dengan tikaman benda tajam di perut sebanyak 3 kali oleh oknum berinisial Hamka di Jl. Dipenogoro Kota Palopo.

Penyebab Awal ditikam setelah korban dan pelaku bertengkar di depan rumah pelaku, yang mana tanpa sepengetahuan korban, pelaku telah menjual handphone milik korban. Tidak terima handphonenya dijual, korban meminta pertanggungjawaban pelaku namun pelaku malah membunuh korban dengan sadis.

Sebagai kader GMKI yang masih loyal, Marnolinus menyampaikan rasa amarahnya, “Sungguh kami sangat kaget dan sedih mendengar berita yang menimpa Bung Awal pada minggu dini hari. Beliau adalah sosok yang ramah, humoris dan saat berjumpa selalu menyapa dengan senyuman.
Beliau juga merupakan Jajaran Pengurus dalam masa Periode kami di 2008-2010,” Ungkap Marnolinus Ledon ( Bung Manno’)

Lanjut Marnolinus, “Kami tidak terima, rekan kami dihabisi dengan keji oleh pelaku. Sejumlah luka terdapat di tubuhnya menguatkan bahwa Korban dihabisi dengan keji. Menghilangkan nyawa orang lain adalah tindakan kejahatan kemanusiaan yang sangat tidak beradab.”

Menyikapi tragedi itu, Marnopun menegaskan bahwa hukum harus ditegakkan dan memberi hukuman setimpal pada pelaku. Kepada Kepolisian Resort Kota Palopo, Sebagai penegak hukum dalam hal ini Kapolres untuk memberi atensi penuh dalam kasus ini,
Menuntut kepada penyidik agar bekerja secara profesional, tanpa diskriminasi, jujur, adil dan transparan dalam pengungkapan kasus ini.

Tentu saja pengakuan pelaku pembunuhan dan saksi merupakan progress yang positif dalam upaya membuat terang sebuah kasus tindak pidana, ungkap Manno’.

Namun menurutnya perlu dipikirkan juga aspek-aspek lain yang menjadi motif di balik kasus tersebut, mengingat korban merupakan aktivis yang aktif melakukan advokasi dan pendampingan masyarakat.

Harapan Manno’ agar semua pihak dapat menahan diri dalam memberikan komentar dan opini, sambil menunggu pernyataan resmi dari pihak yang berwewenang. Segenap civitas GMKI akan terus mengawal kasus ini sampai pada proses pengadilan.

Marnolinus Ledon (Bung Manno’)
(Ketua GMKI Palopo MB. 2008-2010)

Tim


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *