Pemerintahan

Firmina Tallulembang Jawab Jeritan Petani Soal Pupuk

Spread the love

AGUPENATANA TORAJA, Anggota DPRD Provinsi Sulsel dari Komisi B Dra. Firmina Tallulembang bersama tim menggelar reses pada tanggal 21 Februari 2023 di Tongkonan Bu Arny Kala’lembang kecamatan Makale Selatan.

Reses yang dihadiri sekitar 130 orang berasal dari berbagai keterwakilan masyarakat, kelompok dasawisma, pemuda, dan tokoh-tokoh masyarakat sekitar tongkonan yang dipandu oleh Marassan Mallisa, SE. Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kab. Tana Toraja.

Marassan Mallisa, SE

Dalam dengar pendapat bersama masyarakat, Firmina mendapatkan keluhan terkait bibit padi yang dibagikan dari Pusat anggaran tahun 2021/2022. Menurut peserta reses kualitas padi yang dibagikan ke warga kualitasnya sangat rendah dan merugikan petani.

Mendengar keluhan tersebut Firmina berjanji akan mempertanyakan ke Kementan soal bibit padi yang sudah merugikan petani dan mencarikan alternatif lain jika dibutuhkan.

Masukan dari Salah Satu Peserta Reses

Sepanjang tanya jawab dengan peserta, Firmina menyerap berbagai usulan seperti permohonan bibit ternak, bibit perkebunan, perintisan/peningkatan jalan tani, pengadaan alat kebutuhan untuk dasawisma, hingga pengadaan pupuk.

Terkhusus pupuk yang sampai saat ini menjadi kendala para petani dari segi ketersediaan dan harga, Firmina sudah memperjuangkan pengadaan pupuk untuk masyarakat Toraja dan sudah disetujui senilai 10 M pupur Organik padat dan cair yang akan didapatkan masyarakat dalam tahun 2023 ini. Diharapkan dengan bantuan tersebut produksi hasil tani dapat digenjot secara maksimal karena adanya ketersediaan pupuk .

Pengadaan ternak, bibit, beliau janji akan diperjuangkan dalam anggaran perubahan tahun 2023. Didoakan saja semoga berjalan baik ungkap dra. Firmina Tallulembang yang didampingi Marassan Mallisa, SE

Sedangkan khusus untuk infrastruktur akan diusulkan masuk Anggaran Pokok tahun 2024.

@Tim


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *