Kegiatan

PERSAMI SMP PGRI Marinding Bangun Mental Nasionalis dan Patriotisme dalam Diri Siswa

Spread the love

AGUPENATANA TORAJA, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dirangkaikan dengan kegiatan Persami bertempat di SMP PGRI Marinding tanggal 1 – 2 Oktober 2022 dan diikuti 30 Pramuka penggalang dari perwakilan kelas 7,8 dan 9 yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kamabigus atau Kepala Sekolah Sarina Siri, S.Pd, sekaligus mengukuhkan Dewan Pangkalan.
Dalam amanatnya, Sarina mengatakan, “Tujuan diadakan PERSAMI ini adalah selain dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, melalui Kegiatan ini diharapkan lebih Meningkatkan Nasionalisme, Patriot, Pemberani, jujur, Beraklak mulia bagi setiap anggota pramuka”.

Handayani Batara, S. Pd sebagai Pembina Pramuka di Pangkalan SMP PGRI Marinding Menguraikan Rundown Kegiatan ini dimulai pada pukul 12.30 WITA. dilanjutkan dengan Presentasi Hasil Hasta Karya dari setiap anggota pramuka peserta PERSAMI, Kemudian masing masing Regu mendemonstrasikan Teknik Penjernihan Air.


Para peserta menerima Materi PBB & LKBB, Kompas Bidik, Menaksir Tinggi & Lebar Sampai Sabtu Sore.
Menjelang malam masing-masing regu menampilkan hiburan dalam Acara Pentas Seni.
Jam 11 Malam diadakan Api Unggun, saat
Menjelang pagi kira-kira pada sepertiga malam, seluruh peserta dibangunkan dari mimpi indah, untuk melakukan Jurit Malam dan Renungan. Meski sambil menahan kantuk dan lelah, seluruh peserta tetap semangat melaksanakannya.

Hari Minggu, setelah shalat subuh, peserta melakukan kerja bakti di lingkungan Sekolah dilanjutkan dengan kegiatan Olahraga Pagi.

Setelah sarapan diadakan Ibadah bersama, Kemudian di lanjutkan dengan Kegiatan Hiking, Suatu kegiatan yang sangat menarik, menantang dan menguras energi.
Di awali dari halaman sekolah, Peserta Hiking diberangkatkan sesuai regu masing-masing, menuju Pos I. Di tempat ini, peserta diuji kemampuannya tentang Sandi Morse, lalu menuju Pos II, Peserta akan di uji Pengetahuan Umum & Kepramukaan, Berhasil di Pos ini maka Perjalanan dilanjutkan ke Pos III melewati arena persawahan, peserta diajak bergembira dan bercanda dengan melakukan permainan.

Sukses di permainan ini, lalu menuju Pos berikutnya Pos IV, yang merupakan Pos Terakhir Simulasi PPPK (P3K) yang merupakan pos terakhir, peserta diuji Kemampuannya dalam membantu pertolongan pertama ketika ada kecelakaan patah tulang, suatu tantangan yang mengesankan dan menyenangkan.

Di akhir kegiatan, diselenggarakan Peduli Lingkungan dgn Melakukan Bersih2 LISA ( Liat Sampah Ambil) dan membersihkan seluruh ruangan yang telah di pakai berkegiatan sehingga semuanya kembali Lebih Rapi dari sebelum di gunakan.


Kegiatan Persami telah usai, ditutup dengan Upacara Penutupan oleh Handayani Batara, S.Pd.
Meski terasa lelah, namun tetap ceria dan bersemangat.
Setelah kegiatan PERSAMI, Para Pramuka Penggalang ini telah menyelesaikan uji SKU dan akan segera di lantik kenaikan tingkat.


Salam Pramuka….!!!!

Kontributor: Sumartoyo


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *