KNPI BERGERAK

KNPI Tana Toraja Sosialisasikan Anti Grooming, Cegah Narkoba, dan Budaya Menabung Secara Nasional di SMPN 1 Bittuang

Spread the love

AGUPENATANA TORAJA, DPD II KNPI Tana Toraja terus bergerak ke semua lini sumber daya. Setelah berbagi tali kasih dengan siswa SMK Harapan Rantepao, kali ini KNPI Tana Toraja melakukan giat ke SMPN 1 Bittuang Tana Toraja.

Upacara Bendera 22/08/22
Halaman SMPN 1 Bittuang

Bertindak sebagai inspektur upacara, Senin (21/08/22), Sumartoyo, S.Pd., M.Si mewakili KNPI Tana Toraja. memberikan sosialisasi di hadapan siswa dan guru SMPN 1 Bittuang. Sosialisasi memuat materi Anti Grooming, Cegah Narkoba, dan Budaya Menabung secara Nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020 tentang Strategi Keuangan Inklusif (SNKI) dan melalui surat edaran Bupati Tana Toraja No. 520/0694/VIII/Sekda.

Grooming (istilah yang dipakai untuk hewan peliharaan) adalah kejahatan sekssual yang dimulai dari ketika media sosial siswa seperti FB, Twitter, Tik Tok, dan IG diintip oleh para pelaku kejahatan. Umumnya di media sosial semisal FB sering ditemukan ada anak remaja atau pemuda yang berfoto selfie baik secara perorangan dan kelompok. Dari foto tersebut pelaku kejahatan akan menelusuri data-data terkait korban yang menjadi target pelaku berupa: hubungan pertemanan dengan siapa saja, alamat tempat tinggal, orang tua, hobi atau kebiasaan, dan data-data lain yang dipersempit oleh pelaku. Sang anak kemudian diajak berteman dan hubungan diawali dengan komunikasi yang wajar, hingga pada siklus komunikasi tertentu anak mulai digiring dalam sebuah percakapan yang tertutup. Sindikat ini bekerja tidak sendiri tetapi berkelompok.

Setelah mentalitas dan pikiran anak dikuasai, pelaku akan meminta anak untuk melakukan video call dengan posisi tubuh tanpa busana. Video direkam pelaku dan intensitas penguasaan diri dan emosi akan ditingkatkan ke level sex torsion (pemaksaan). Jika keinginan pelaku tidak dipenuhi, video akan disebar ke orang-orang terdekat anak, bahkan dijual di forum darkweb atau situs-situs dewasa. Karena malu, anak akan menuruti kemauan pelaku, hingga pada level selanjutnya anak digiring dalam praktik prostitusi online.

Pada topik kedua, disosialisasikan pula tentang modus baru pengedaran narkoba kepada pelajar melalui media permen. Permen tersebut mengandung narkoba jenis Tetrahydrocannabinol (THC) atau sejenis ganja cair yang menimbulkan efek halusinasi atau merasa terbang. Siswa SMPN 1 Bittuang diingatkan bahwa jika menemukan permen (candy) yang bungkusnya terlihat aneh dan tidak dijual di pasaran maka untuk segera melapor ke pihak sekolah, dan sekolah akan menghubungi BNN Tana Toraja. Ditambahkan juga bahwa modus lain yang akan mungkin saja berkembang ke depan adalah Narkoba yang menggunakan media parfum. Kepolisian Pemerintah Belanda pernah mengembangkan parfum beraroma manis ekstasi atau MDMA yang bertujuan mengedukasi masyarakat jika menemukan produk yang sejenis yang dikembangkan oleh sindikat perdagangan narkoba.

Sedangkan untuk topik yang tidak kalah pentingnya adalah tentang Budaya Menabung di mana setiap siswa wajib memiliki tabungan di bank-bank lokal maupun di koperasi. Sumartoyo, yang juga Ketua Bidang Pengembang Kapasitas Lulusan IKA UKI Toraja ini menjelaskan kepada guru dan siswa bahwa di tahun 2023 dunia akan dilanda kegelapan seperti yang dikatakan oleh Presiden Jokowi setelah mendapatkan warning dari Sekjen PBB Antonio Gueteres. Berdasarkan data dari Bloomberg, Indonesia menempati urutan ke-14 negara yang diduga akan mengalami goncangan ekonomi hebat di tahun 2023.

“Diperkirakan 800 juta orang akan kelaparan tahun depan. Resesi global akan menutup banyak keran-keran ekonomi. Banyak Negara saat ini sudah mulai kekurangan bahan pangan, dan perang yang terjadi akan terus berlangsung lama. Ada 60 negara lagi diperkirakan akan bangkrut dan semoga Indonesia tidak ada di dalamnya, mari kita dukung presiden dan bangsa ini dengan doa. Yakinlah kalau dari sekarang kita belajar menabung, maka kalian sudah membantu pemerintah dan orang tua kalian untuk berhemat dan mengantasi masa-masa gelap manakala resesi benar-benar menggulung ekonomi bangsa kita,” ungkap Sumartoyo.

Ancaman resesi jangan ditakuti, sambung praktisi yang juga aktif sebagai Sastrawan Milenial ini, dikatakannya bahwa Indonesia saat ini memiliki angka pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi yang lebih rendah dari Amerika Serikat dan China, dan di tahun depan Presiden menjanjikan angka pertumbuhan ekonomi tetap di atas 5% sebagai bentuk perjuangan Bapak Presiden dan Mentri-mentrinya untuk rakyat Indonesia kala mengatasi resesi tahun 2023 yang semua Negara tidak dapat hindari. Harus bangga punya presiden super hero.

Kepala sekolah SMPN 1 Bittuang, Paulus Bambang, S.Pd. sangat mengapresiasi kedatangan Kader KNPI yang rela berbagi pengetahuan dan pengalaman tanpa mengharapkan imbalan. “Saya bangga KNPI melalui Bapak bisa hadir berbagi ilmu dan pengalaman kepada anak-anak dan guru. Saya akui informasi yang dibagikan sangat penting bagi kami, mengingat jumlah siswa di sini ada 467 jiwa dan tim pengajar ada 28 orang dan pegawai ada 7 orang sehingga ke depan kami terus dibekali dengan informasi-informasi terbaru demi mewujudkan visi dan misi sekolah kami,” tutur Paulus Bambang.

Kepala SMPN 1 Bittuang

Giat sosial yang dilaksanakan oleh seorang kader KNPI Tana Toraja mendapat dukungan dari semua kader dan Ketua DPD II KNPI Tana Toraja, Restu Tangaka, bahwa model program yang diujicoba ini muatan materinya tidak saja 3 variabel seperti pada judul berita di atas, tetapi pada semua disiplin ilmu dan faktor-faktor trend yang sedang berkembang saat ini, maka KNPI Tana Toraja siap mengisi muatan materi yang dianggap penting jika dibutuhkan oleh institusi pemerintah maupun swasta, dan juga jika diminta oleh masyarakat umum, misalnya mewujudkan UMKM digital di lembang-lembang dengan pendekatan Komunitas Terintegrasi.

Tim KNPI
Editor: Hajar Aswad


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *