KeagamaanKegiatan

Dari Institut Teologi Gereja Toraja untuk Indonesia

Spread the love

AGUPENATANA TORAJA, Rabu, 17 Agustus 2022 telah diadakan kegiatan refleksi perayaan HUT RI ke-77 di kompleks Institut Teologi Gereja Toraja (ITGT). Perayaan tersebut diinisiasi oleh Calon Proponen (CP) Gereja Toraja dan direktur ITGT.

Perayaan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hening Cipta, sambutan direktur ITGT dan Doa syukur serta harapan untuk kedamaian dan integrasi bangsa Indonesia. Pdt. Dr. Alpius Pasulu selaku direktur ITGT memberikan sambutan dan arahan di awal kegiatan.

Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa “dalam momentum peringatan hari kemerdekaan Indonesia ini, kita diajak untuk menganamnesis jasa serta semangat para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Sebagai Calon Proponen, tugas kita selanjutnya adalah memimesis semangat mereka dalam medan pelayanan khususnya di Gereja Toraja dan di tengah-tengah masyarakat yang dimulai dari penyiapan diri di tempat ini (ITGT).” Pesan ini sejalan dengan tema khusus yang diusung yaitu: Ke-Indonesia-an, Ke-Toraja-an, Ke-Kristenan dan Ke-ITGT-an.

Selanjutnya diadakan perlombaan setelah pengarahan dari direktur ITGT dan tim kerja. Perlombaan ini diikuti oleh CP Angkatan VIII Gereja Toraja yang dibagi dalam delapan kelompok. Nama-nama kelompok tersebut merupakan nama yang bertema kebangsaan, Ketorajaan serta Kekristenan, seperti Pancasila, UUD, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Tongkonan Sangullele, Tallu Lolona,  Reformasi dan Presbiterial Sinodal.

Penamaan kelompok sengaja didesain oleh tim kerja dengan upaya mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dan sosial budaya dalam mengindonesia.
Adapun perlombaan yang diadakan adalah lomba makan kerupuk, lari karung, berbagi tepung dan air. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan, tanggung jawab, serta merupakan wadah bagi Calon Proponen Gereja Toraja untuk mengekspresikan Sukacita mereka dalam menyambut 77 tahun kemerdekaan RI serta melepas kepenatan dari ruang belajar di ITGT.

Amsal, selaku ketua angkatan Calon Proponen Gereja Toraja berharap kiranya melalui refleksi perayaan yang diadakan dapat menumbuhkan semangat Nasionalisme bagi 37 Calon Proponen Gereja Toraja, sebagai  generasi  masa kini dan masa depan Gereja, masyarakat, Bangsa dan Negara.

Para Calon Proponen begitu semangat dan antusias mengikuti kegiatan yang dipersiapkan oleh Tim Kerja.

Pada akhirnya, Kegiatan ini ditutup dengan Pembagian hadiah bagi semua pemenang lomba serta makan bersama.

Tim ITGT


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *