CRYPTOCURRENCY

Mengenal Crypto Collectible dan Non-fungible Token (NFT)

Spread the love

AGUPENAINOVASI BLOKCHAIN, Penciptaan Bitcoin memperkenalkan konsep kelangkaan digital yang bersifat trustless atau tidak membutuhkan kepercayaan. Sebelumnya, mereplikasi sesuatu di dunia digital hampir tanpa biaya. Dengan munculnya teknologi blockchain, kelangkaan digital dapat dicapai – dan sekarang digunakan untuk memetakan dunia digital ke dunia nyata.

Non-fungible token (NFT), juga sering disebut dengan crypto collectible, memperluas ide ini. Tidak seperti mata uang kripto di mana semua token diciptakan sama, masing-masing non-fungible token unik dan terbatas jumlahnya. 

NFT adalah salah satu blok utama yang sedang berkembang dari ekonomi digital baru bertenaga blockchain. Beberapa proyek sedang bereksperimen dengan NFT untuk berbagai penggunaan, seperti gameidentitas digital, lisensi, sertifikat, dan seni rupa. Terlebih lagi, teknologi ini bahkan memungkinkan kepemilikan fraksional atas barang bernilai tinggi. 

Karena NFT semakin mudah untuk diciptakan, kita dapat melihat semakin banyak jenis aset baru ini dibuat setiap hari. Artikel ini akan membahas apa itu NFT, apa manfaatnya, dan bagaimana sebuah game bernama CryptoKitties menyesakkan blockchain Ethereum pada akhir 2017.

Apa itu non-fungible token (NFT)?

Non-fungible token (NFT) adalah jenis token kriptografi pada blockchain yang mewakili aset yang unik. Ini bisa sepenuhnya berupa aset digital atau versi token dari aset dunia nyata. Karena NFT tidak dapat saling dipertukarkan, maka sifat ini dapat berfungsi sebagai bukti keaslian dan kepemilikan dalam ranah digital.

Fungibility berarti bahwa pada dasarnya satu unit aset dapat dipertukarkan dan tidak dapat dibedakan satu sama lain. Sebagai contoh, mata uang fiat, karena setiap unit dapat dipertukarkan dengan unit lain yang setara. Uang sepuluh dolar dapat dipertukarkan dengan uang sepuluh dolar asli lainnya. Ini sangat penting bagi aset yang ditujukan untuk bertindak sebagai media pertukaran. 

Sifat fungible ini adalah sifat yang diinginkan untuk mata uang karena memungkinkan pertukaran gratis, dan secara teoretis, kita tidak dapat mengetahui sejarah setiap unit. Namun, ini bukanlah sifat yang menguntungkan untuk barang koleksi. 

Bagaimana jika kita dapat menciptakan aset digital yang mirip dengan Bitcoin, dan kemudian menambahkan alat pengenal yang unik untuk setiap unit? Ini akan membuat masing-masing unit berbeda satu sama lain (disebut juga non-fungible/tidak bisa ditukarkan). Kita menamakannya NFT.

prangko kripto unicorn

Bagaimana cara kerja NFT?

Ada beragam kerangka kerja dalam pembuatan dan peluncuran NFT. Yang paling menonjol dari semuanya adalah ERC-721, standar pembuatan dan perdagangan aset-aset non-fungible di blockchain Ethereum.

Standar yang lebih baru dan lebih baik adalah ERC-1155, memungkinkan satu kontrak berisi token fungible dan non-fungible. Hal ini membuka berbagai kemungkinan baru. Standarisasi penerbitan NFT berdampak pada tingkat interoperabilitas yang lebih tinggi, yang pada akhirnya akan menguntungkan pengguna. Berarti bahwa aset unik dapat ditransfer ke aplikasi yang berbeda dengan relatif mudah. 

Jika Anda ingin menyimpan dan mengagumi keindahan NFT, Anda dapat melakukannya di Trust Wallet. Sama seperti token blockchain lainnya, NFT Anda akan memiliki satu alamat. Perlu dicatat bahwa NFT tidak dapat direplikasi atau ditransfer tanpa izin pemilik – bahkan oleh pencipta NFT sendiri.

NFT dapat diperdagangkan di pasar terbuka seperti OpenSea. Pasar ini menghubungkan pembeli dan penjual, dengan harga masing-masing token yang berbeda. Harga NFT juga akan berubah sebagai respon terhadap penawaran dan permintaan pasar. 

Tetapi bagaimana bisa barang-barang ini memiliki nilai? Sama seperti barang berharga lainnya, nilainya tidak melekat pada objek itu sendiri tetapi lebih ditentukan oleh orang-orang yang menganggapnya berharga. Pada dasarnya, nilai adalah keyakinan bersama. Tidak masalah apakah itu uang fiat, logam mulia, atau kendaraan – benda-benda ini memiliki nilai karena orang percaya demikian. Inilah mengapa setiap barang berharga disebut berharga, jadi apa bedanya dengan benda-benda koleksi digital?

Apa saja kegunaan NFT?

NFT dapat digunakan oleh aplikasi terdesentralisasi (DApps) untuk menerbitkan barang-barang digital unik dan crypto collectible. Token-token ini dapat digunakan sebagai koleksi, produk investasi, atau yang lainnya. 

Ekonomi game bukanlah hal baru. Dan karena banyak game online telah memiliki ekonomi sendiri, menggunakan blockchain untuk menokenkan aset game merupakan hal yang mudah dilakukan. Faktanya, penggunaan NFT berpotensi memecahkan atau mengurangi masalah umum inflasi yang dimiliki oleh banyak game.

Sementara dunia virtual sedang berkembang, penggunaan NFT lain yang menarik adalah tokenisasi aset dunia nyata. NFT ini dapat mewakili sebagian kecil dari aset dunia nyata yang dapat disimpan dan diperdagangkan sebagai token pada blockchain. Proses ini dapat menambahkan likuiditas yang sangat dibutuhkan ke banyak jenis pasar, seperti pasar seni, real estat, barang langka, dan lain-lain.

Identitas digital juga merupakan sektor yang dapat memanfaatkan NFT. Menyimpan data identifikasi dan kepemilikan pada blockchain akan meningkatkan privasi dan integritas data bagi banyak orang di seluruh dunia. Selain itu, pengiriman aset-aset ini yang mudah dan bersifat trustless dapat mengurangi gesekan dalam ekonomi global

Proyek-proyek populer yang menggunakan NFT dan crypto collectible

Berbagai proyek saat ini menggunakan NFT sebagai barang yang bisa dikoleksi dan diperdagangkan. Mari kita lihat beberapa yang paling populer.

Decentraland

Decentraland adalah dunia realitas virtual terdesentralisasi di mana pemain dapat memiliki dan bertukar potongan tanah virtual dan NFT in-game lainnya. Game Cryptovoxels memiliki konsep serupa di mana pemain dapat membangun, mengembangkan, dan bertukar properti virtual.

Gods Unchained

Gods Unchained merupakan permainan kartu digital di mana kartu dikeluarkan sebagai NFT di blockchain. Karena setiap kartu digital unik, pemain dapat memiliki dan memperdagangkannya dengan tingkat kepemilikan yang sama seperti kartu fisik.

My Crypto Heroes

My Crypto Heroes merupakan role-playing game (RPG) dengan banyak pemain, di mana mereka dapat meningkatkan kadar kepahlawanan melalui pencarian dan pertempuran. Pahlawan dan item dalam game dikeluarkan sebagai token di blockchain Ethereum.

Binance Collectibles

Binance Collectibles adalah NFT yang diluncurkan sebagai kolaborasi antara Binance dan Enjin pada acara-acara khusus. Jika Anda ingin mendapatkannya, pastikan untuk mengikuti akun Twitter Binance dan nantikan program giveaway kami berikutnya!

Jika Anda ingin berpartisipasi dalam giveaway NFT, ikuti langkah-langkah singkat ini:

  1. Unduh wallet yang mendukung Ethereum, seperti Trust Wallet
  2. Salin alamat Ethereum Anda dan siapkan sesuai dengan aturan giveaway. Anda mungkin harus mengirimkannya melalui formulir atau menuliskannya di kolom komentar Twitter. Pastikan untuk memeriksa ulang aturan, sehingga Anda mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk memenangkannya.
  3. Jika Anda memenangkan NFT dan telah didistribusikan, Anda akan melihatnya di bawah tab Collectibles di Trust Wallet. Dari sana, Anda dapat memilih untuk  HODL, atau menjual di pasar  P2P seperti OpenSea. 

Crypto Stamp

Crypto Stamp atau Perangko Kripto diterbitkan oleh Layanan Pos Austria dengan menghubungkan dunia digital ke dunia nyata. Seperti prangko lainnya, prangko ini digunakan untuk mengirim surat. Selain itu, juga disimpan sebagai gambar digital di blockchain Ethereum, menjadikannya barang koleksi digital yang dapat diperdagangkan.

Koleksi digital membawa teknologi blockchain ke jalan yang sepenuhnya baru di luar aplikasi keuangan konvensional. Dengan mewakili aset fisik di dunia digital, NFT memiliki potensi untuk menjadi bagian penting tidak hanya terhadap ekosistem blockchain, tetapi juga ekonomi yang lebih luas.

Area penggunaanya sangat luas, dan sangat mungkin bahwa banyak pengembang akan datang dengan inovasi baru dan menarik untuk teknologi yang menjanjikan ini.

Sumber: binance.academy


Spread the love

One thought on “Mengenal Crypto Collectible dan Non-fungible Token (NFT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *