KegiatanPendidikan

SMKN 4 TANA TORAJA UNJUK PRODUK ETNIK TORAJA DI PAMERAN GALERI NASIONAL INDONESIA

Spread the love

AGUPENATANA TORAJA, Setelah melaksanakan Program Pembuatan 5000 masker Merah Putih dari DIRJEN VOKASI SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, SMK NEGERI 4 TANA Toraja kembali mengunjukkan diri sebagai salah satu SMK Produktif pada ajang Pameran GALERI NASIONAL INDONESIA yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat SMK, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dari tanggal 11-13 Desember 2020 di Museum Nasional Jakarta.

Pameran tingkat Nasional ini diikuti oleh 30 SMK, 2 LKP, 1 PKBM, 1 PT. Sulawesi Selatan sendiri mengirim perwakilan 5 SMK unggulan, dan dari Toraja diwakili oleh SMK Negeri 4 Tana Toraja.

Pameran yang menampilkan karya-karya unggulan memiliki 3 kategori yang ditampilkan yakni MAKANAN &MINUMAN, BUSANA & KETERAMPILAN TANGAN, TEKNOLOGI.

Sementara SMKN 4 Tana Toraja ikut serta pada Kategori Busana & Kerajinan Tangan dengan menampilkan produk unggulannya Sarung Bantal Sofa, Tas Bahu, Kantong Surat, Masker, yang kesemuanya berbahan baku KAIN BATIK ETNIK TORAJA atau yang biasa dikenal dengan Sarita.

Tak ketinggalan Produk unggulan Tana Toraja yaitu Kopi Toraja yaitu Brand KOPI TORAJA PALESAN.

Dalam Kegiatan Pameran yang bertajuk GALERI NASIONAL INDONESIA ini adalah wadah untuk mendorong pertumbuhan 2 juta UMKM dari produk-produk lokal Indonesia agar Program Digitalisasi bagi Produk UMKM bisa terwujud sehingga produk tersebut mencapai target pasar yang lebih luas lagi.

Produk UMKM Milenial dari SMKN 4 Tana Toraja yang diproduksi oleh JURUSAN TATA BUSANA yang dikawal langsung oleh Kepala UPT SMKN 4 Tana Toraja, Ibu Berthyna Adherline Tukkeng, S.Pd sangat digemari oleh beberapa kalangan yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut, terutama oleh Artis Baim Wong dan Dirjen Vokasi SMK yang sempat membeli produk SMKN 4 Tana Toraja yaitu Sarung Bantal Sofa.

Dengan Keunikan motif yang ada membuat mata pengunjung di Stand SMKN 4 Tana Toraja
“ Ini merupakan suatu kebanggan bagi Keluarga Besar SMKN 4 Tana Toraja, mampu tampil dalam ajang Nasioanal dengan membawa produk-produk Tana Toraja sehingga produk lokal dari Toraja dapat dikenal seantero Indonesia” ungkap Kepala UPT.

Pada sambutannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim atau biasa dikenal dengan sebutan Mas Menteri mengutarakan bahwa kegiatan seperti diharapkan mampu memberi dorongan kuat bagi pemulihan Ekonomi Indonesia pasca Pandemi sehingga mendorong para Lulusan SMK untuk memiliki mental Wirausaha melalui UMKM serta mampu memproduksi produk-produk berkualitas yang mampu menembus pasar digitalisasi. Dengan dorongan dan pendampingan berbagai pihak baik itu Kementrian Terkait, BUMN dan Penggerak UMKM di seluruh Indonesia sehingga produk SMK berbasis UMKM diseluruh Indonesia dapat bersaing dengan produk dari luar.

Kontributor: Junsmart


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *