Berita PolriKegiatan

Sosialisasi dan Edukasi Banua Ewako Di Kantor Kec. Makale Utara, Kab. Tana Toraja

Spread the love

AGUPENATANA TORAJA, Polres Tana Toraja menggelar kegiatan sosialisasi Banua Ewako yang dilaksanakan di  Aula Gereja Toraja Siguntu’ Kel. Lion Tondok Iring Kec. Makale Utara Kab. Tana Toraja. Senin (24/08/2020), sekitar pukul 14.40 wita. 

Kegiatan sosialisasi Banua Ewako di maksudkan untuk membentuk masyarakat yang lebih peduli dengan pencegahan penyebaran Covid-19, dan dengan adanya Banua Ewako tersebut dapat mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungan masing – masing baik tingkat Kelurahan maupun Lembang.

Adapun Pembawa Materi / Narasumber dalam sosialisasi tersebut yakni

  • Kapolres Tana Toraja yang diwakili oleh Kabag Ren Polres Tana Toraja Kompol L. Agustinus Sokabla M.Ap
  • Dinas Pertanian Tana Toraja yang diwakili oleh Kabid Holtikultura an. Yohanis Some, SP
  • Dinas Kesehatan Tana Toraja yang diwakili oleh Kepala UPT Puskesmas Makale dr. Lina Rombe.

Giat ini dihadiri oleh Camat Makale Utara Danial Pappang, Kapolsek Makale AKP Yacob Parinding, Danramil Makale Lettu Agustinus, Kasat Sabhara Polres Tator AKP Sulaeman Abu, SH, Kanit Binmas Ipda Y. Tangketasik, Para Kepala Kelurahan Se- Kec. Makale Utara (5 Kelurahan), Para Kepala Lingkungan / RT, Penyuluh Pertanian, Tenaga Kesehatan UPT Puskesmas Makale Utara, Tokoh Masyarakat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas wilayah Makale Utara. 

Dalam kesempatan tersebut Camat Makale Utara membuka secara resmi giat sosialisasi Kampung Tangguh / Banua Ewako.

Kemudian dilanjutkan dengan Paparan Kapolres Tana Toraja yang diwakili oleh Kabag Ren Polres Tana Toraja Kompol L. Aguatinus Sokabla, M.Ap tentang Pembentukan Kampung Tangguh Nusantara / Banua Ewako di Wilayah Kecamatan Makale Utara dengan paparan yang disampaikan yakni :

  • Maksud dan Tujuan Program Banua Ewako
  • Konsep Manfaat kampung tangguh / banua ewako
  • Sarana dan Prasarana Kampung Tangguh / Banua Ewako
  • Tugas Pokok Pelaksanaan Kampung Tangguh / Banua Ewako
  • Hal yang perlu diperhatikan di Posko Banua Ewako.

Paparan Dinas Pertanian Tana Toraja dengan materi yang dibawakan yakni terkait dengan Ketahanan Pangan dan pembagian dan penyerahan bantuan bibit pertanian 6 (enam) jenis sayur – sayuran, dimana bibit tersebut akan ditanam disekitar Banua Ewako yang berada di setiap kelurahan/lembang.

Dilanjutkan dengan paparan Kepala UPT Puskesmas Makale Utara yang dibawakan oleh dr. Lina Rombe terkait dengan pencegahan dan penanggulangan covid-19 yang secara khusus di wilayah Makale Utara.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut Kapolsek Makale memberikan himbauan dan arahan – arahan terkait dengan pencegahan dan penanggulangan covid-19 dan sehubungan dengan Ijin Keramaian Rambu Solo’/Rambu Tuka’ harus mengikuti prosedur protocol kesehatan dan harus berkoordinasi / diketahui oleh Satgas Covid-19 di masing – masing Kecamatan.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait dengan saran pendapat dan kendala – kendala yang dihadapi dilapangan dan diakhiri dengan pembagian bibit sayur – sayuran kepada masing – masing Kelurahan.

Giat sosialisasi tersebut dihadiri sekitar 35 Orang dan berakhir pada pukul 16.25 Wita dalam keadaan aman, baik dan lancar.

Sumber : Humas Polsek Makale


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *