Seputar Covid-19

Breaking News: Media Centre Satgas Covid-19 Tana Toraja Umumkan 3 Kasus Baru Positif Covid-19

Spread the love

AGUPENA – TANA TORAJA, Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan 3 kasus baru terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona di wilayah Kabupaten Tana Toraja.

Pasien terkonfirmasi positif Virus Corona ini diumumkan langsung oleh Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19 Berthy Mangontan didampingi Direktur RSUD Lakipadada dr. Syafari Mangopo, Jum’at 29 Mei 2020.

dr. Syafari Mangopo menjelaskan pasien keempat, kelima dan keenam terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona berdasarkan hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diterima hari ini dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

3 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Swab yaitu:

  1. Pasien 04 (Laki-laki, 59 tahun) alamat Pasar Baru, Tondon Mamullu Kecamatan Makale, bekerja sebagai penjual ikan di Telkom Makale dengan riwayat perjalanan dari Palopo dua bulan yang lalu, dengan keluhan nyeri tenggorokan dan batuk sehingga dilakukan Rapid Test di RS Fatimah pada tanggal 25 Mei 2020 dan dinyatakan reaktif lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab. Sambil menunggu hasil pemeriksaan Swab, Pasien 04 ditempatkan sementara di RSUD Lakipadada pada ruangan/gedung bagian belakang Rumah Sakit.
  2. Pasien 05 (Perempuan, 52 tahun) alamat Lembang Raru Sibunuan Kecamatan Sangalla, dengan riwayat pada tanggal 20 Mei 2020 datang dari Makassar dengan riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif di Makassar sehingga berdasarkan hasil surveilans maka ditetapkan statusnya OTG (Orang Tanpa Gejala) dan dilakuan pemeriksaan Swab. Sambil menunggu hasil Swab, Pasien juga sudah ditempatkan di sementara di RSUD Lakipadada pada ruangan/gedung bagian belakang Rumah Sakit.
  3. Pasien 06 (Perempuan, 33 tahun) alamat Kelurahan Rantetayo Kecamatan Rantetayo, masuk Rumah Sakit Lakipadada tanggal 27 Mei 2020 dengan tujuan hendak melahirkan. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui pasien 06 sedang mengandung bayi kembar sehingga harus dilakukan penanganan operasi Caesar. Berdasarkan prosedur Rumah Sakit pasien Operasi Caesar harus menjalani Rapid Test sebelum menjalani operasi, dan dari hasil Rapid Test tersebut dinyatakan “reaktif” sehingga dilanjutkan dengan pengambilan Swab. Sedangkan pelaksanaan Operasi Caesar dilakukan dengan prosedur APD level 3, dimana bayi kembar dari pasien 06 setelah dilakukan operasi langsung dilakukan pemisahan kontak antara ibu dan anak.

Saat ini, ketiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut telah dipindahkan dan dirawat di Ruang Isolasi RSUD Lakipadada Tana Toraja.

Dengan diumumkannya 3 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja, Satgas Covid-19 Tana Toraja telah mencatat 6 pasien terkonfirmasi positif dimana 3 pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus di lingkungan masyarakat. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan Tracking terhadap riwayat kontak Pasien Positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans dari Puskesmas dan Kepolisian.

Tracking ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona dari Pasien positif di lingkungan masyarakat.

Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja Berthy Mangontan menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, saling menguatkan, tetap menjaga pola hidup sehat dan tetap taat terhadap himbauan Pemerintah.

Sumber : Media Center Satgas Covid-19 Kab. Tana Toraja


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *