CRYPTOCURRENCY

Setelah Euro Digital, Sekarang Giliran China Diam-Diam Membuat Yuan Digital

Spread the love

AGUPENA – CRYPTOCURRENCY, Sukses dicobakan melalui Bank Sentral Perancis, Euro digital mendapat sambutan antusias masyarakat Eropa.

Tidak ingin tertinggal, Pemerintah China kini tengah menggodok kelahiran mata uang digital Yuan. Berita hangat ini (Jumat,22/05) datang dari pejabat setempat, namun peluncurannya belum ada yang mengetahui: kapan mata uang ini diterbitkan ke publik.

Sebuah pernyataan pers baru-baru ini yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan bernama Yuan Pay Group menyebutkan pembebasan “e-Yuan”, mata uang yang diduga memungkinkan pemerintah China untuk menggunakan kontrak pintar “untuk melacak aset dan kewajiban dan untuk memastikan bahwa banyak pinjaman tidak mengambil alih agunan yang sama. “

Pemerintah China sendiri sudah mengawali proyek mata uang digitalnya sejak 2018 yang dipelopori oleh People’s Bank of China. Pada tahun 2019, dikabarkan proyek itu dipercepat karena beredar isu panas bahwa Facebook berencana menerbitkan mata uangnya sendiri yang diberi nama “Libra”. Namun kemunculan Libra tidak mendapat dukungan yang nyata dari senat Amerika karena mata uang itu menyimpan banyak konspirasi.

Hingga saat ini belum ada pembaruan dari para pejabat Tiongkok tentang peluncuran digital Yuan, dan tanggalnya masih belum diketahui. Namun beberapa sumber bercerita bahwa proyek prestisius itu telah diujicoba di kota Shenzhen, Suzhou, daerah baru Xiongan, dan Chengdu.

Perihal kelahiran digital Yuan mendapat peringatan yang keras dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), yang menekankan adanya resiko penipuan melalui proyek tiruan ICO. SEC menilai proyek rahasia itu dapat disalahgunakan oleh pihak ketiga untuk memperdaya publik. SEC mengingatkan agar Pemerintahan Tiongkok melangkah dengan hati-hati. (ty)


Spread the love

2 komentar pada “Setelah Euro Digital, Sekarang Giliran China Diam-Diam Membuat Yuan Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *