Inspirasi

Tetap Eksis Menggeluti Usaha di Tengah Dampak Pandemi Covid-19

Spread the love

AGUPENA – INSPIRASI, Sebelum dikenal sebagai pengusaha muda, 11 tahun lalu Lily (35) memulai usahanya dengan bercocok tanam sayur, saat itu tahun 2009. Hasil panen sayur lalu dijualnya di depan RSUD Lakipadada Tana Toraja, hanya demi menyambung hidup saat itu.

Bersama Ibunya, Lily terus berjuang untuk bertahan hidup, tanpa membayangkan sebelumnya akan sukses seperti sekarang ini. Lily memulai perjuangannya ketika ditinggal suaminya saat anaknya masih berusia 1 bulan. Dengan modal seadanya, Lily mencoba berbagai inovasi mulai dari membuka kios kecil-kecilan hingga berkembang menjadi sebuah warung makan yang kini berada tepat di depan RSUD Lakipadada.

Keterampilan memasak yang ia miliki terus dikembangkannya secara massif dengan berguru dari berbagai sumber. Berbekal kemandiriannya dalam belajar, Lily pada akhirnya mampu membuat berbagai jenis panganan dan snack serta aneka masakan. Di samping itu Lily juga membuat berbagai macam kue serta aneka minuman.

Di masa Pandemi ini Lily merubah pola bisnisnya dengan sytem delivery order. Dengan memberdayakan jasa kurir dan tukang ojek. Lily berupaya agar produk-produknya bisa sampai dengan cepat ke para pelanggannya.


Saat ini produk snack andalan Lily adalah Kripik Talas. Bahan baku ia peroleh dari berbagai pelosok di Tana Toraja yang permintaannya dishare di media sosial. Sehingga saat ini Lily tidak kehabisan bahan baku untuk memproduksi produk-produknya.

Bukan kebetulan, dengan hasil kerja kerasnya lebih dari 10 tahun, tepat 21 April 2019 Lily mulai membangun rumah idamannya dengan biaya yang cukup fantastis dan diselesaikan pengerjaanya tepat waktu pada bulan Desember 2019, yang katanya untuk tempat kumpul keluarga merayakan Natal dan tentu sebagai prestasi dari kerja keras tanpa lelah.

Tidak ada kata menyerah, Lily terus berjuang untuk mengembangkan usahanya dengan berbagai Inovasi. Saat ini usaha Lily Salipadang nama lengkapnya, dibantu oleh Rumah Kreatif Telkom Tana Toraja membangun Brand usahanya dengan nama YUAN CAKE & SNACK dan YUAN WR. MAKAN yang letaknya tepat di depan pintu keluar RSUD Lakipada.

Di Hari Kartini yang jatuh pada hari ini 21 April 2020 saat dunia berada dalam ancaman pandemi covid-19 ternyata masih ada kaum milenial yang tetap berjibaku dengan usahanya demi untuk tetap eksis dan berbagi inspirasi bagi masyarakat di luar sana. Tentu saja perilaku entrepreneur ini bisa ditiru bagi kaum millenial lainnya tanpa harus menyalahkan kondisi yang terjadi saat ini.

Kontributor: Junsmark

Rumah Kreatif Telkom Tana Toraja


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *