JurnalistikKesehatan

Kasus Positif Covid-19 Bertambah Satu Orang di Tana Toraja

Spread the love

AGUPENA – TANA TORAJA, Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali mengumumkan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah kabupaten Tana Toraja.

Pasien kedua terkonfirmasi positif Covid-19 ini diumumkan langsung oleh Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19 Berthy Mangontan didampingi Direktur RSUD Lakipadada dr. Syafari Mangopo, Minggu 19 April 2020.

dr Syafari Mangopo menjelaskan pasien kedua terkonfirmasi positif masuk di RSUD Lakipadada pada tanggal 15 April 2020 dan ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

dr. Syafari Mangopo menjelaskan, berdasarkan Protap panduan penanganan Covid-19, Pasien PDP tersebut dilakukan pemeriksaan Real time Polymerase Chain Reaction (PCR). Dari hasil pemeriksaan Swab pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

dr Syafari Mangopo mengurai Pasien terkonfirmasi Positif tersebut sempat menjalani perawatan medis di RS Awal Bros Makassar pada bulan Maret 2020, Pasien lalu kembali ke Tana Toraja tepatnya di Lembang Ratte Talonge 01 April 2020, pada tanggal 14 April 2020 Pasien masuk di RS Fatimah Makale dan dirujuk ke RSUD Lakipadada pada tanggal 15 April 2020.

Saat ini RSUD Lakipadada sedang merawat dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Ruang Isolasi RSUD Lakipadada Tana Toraja.

Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus di lingkungan masyarakat. Langkah – langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan Tracking terhadap riwayat kontak Pasien positif tersebut dengan melibatkan Tim Surveilans dari Puskesmas dan Kepolisian.

Tracking ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus Corona dari Pasien positif di lingkungan masyarakat.

Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja Berthy Mangontan menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, saling menguatkan, tetap menjaga pola hidup sehat dan tetap taat terhadap himbauan Pemerintah.

Media Center Satgas Covid-19 Kab. Tana Toraja


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *