JurnalistikTeknologi

Jangan Lupa Unduh Aplikasi Peduli-Lindungi dari Kominfo untuk Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

Spread the love

AGUPENA – Nasional, Aplikasi Peduli-Lindungi untuk mencegah penularan covid-19 dari Kominfo kini bisa diunduh melalui toko aplikasi playstore untuk android dan Ios.

Link aplikasinya bisa diunduh pada link android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare

Iphone (IOS): https://apps.apple.com/id/app/id1504600374

Aplikasi ini bekerja dengan cara bergetar atau berbunyi ketika sang pemilik handphone berada di wilayah red zone, yang berarti pada wilayah tersebut ada warga yang positif covid-19. Sehingga sang pemilik handphone dapat segera beranjak dari wilayah yang sudah ditandai oleh aplikasi sebagai wilayah yang rawan penyebaran covid-19.

Aplikasi Peduli-Lindungi yang memanfaatkan fungsi bloototh dan GPS pada handphone seluler ini mampu mengidentifikasi orang-orang yang berada di jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif terinfeksiĀ covid-19, maupun orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP).

Aplikasi tersebut bisa mendeteksi pergerakan hingga 14 hari ke belakang serta terhubung dengan operator seluler. Jika pengguna berada di sekitar nomor yang penggunanya teridentifikasi positif Covid-19, dia akan diberikan pemberitahuan untuk segera menjalankan protokolĀ kesehatan.

Aplikasi yang diliris sejak 8 Maret 2020 tertuang dalam Keputusan Menkominfo nomor 171 tahun 2020 tentang Penetapan Aplikasi Peduli Lindungi dalam Rangka Pelaksanaan Surveilance Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Lebih jauh Kominfo berharap aplikasi Peduli Lindungi ini sungguh-sungguh dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga rantai penyebaran covid-19 bisa dipadamkan secepatnya mengingat jumlah positif yang terpapar covid-19 di Indonesia adalah 5136 jiwa di 34 provinsi, dan yang terkonfirmasi meninggal dunia sebanyak 469 jiwa. (ty)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *