HEADLINEJurnalistik

Menghadapi Ujian Semester, SMK Kristen Bittuang Gunakan Sistem CBT

Spread the love

Agupenatanatoraja – Bittuang

Ujian semester berbasis online atau lebih trendnya dikenal sebagai Computer Base Test (CBT) mulai diterapkan di SMK Kristen Bittuang pada Ujian Akhir Semester dari tanggal 2 – 10 Desember tahun pelajaran 2019/2020.

Jurgen Sampealang, guru dan pengawas ujian, mengungkapkan tujuan utama ujian berbasis CBT adalah untuk membiasakan peserta didik menggunakan teknologi komputer dalam belajar dan juga penghematan biaya penggunaan kertas seperti halnya pada ujian berbasis PBT (paper best test).

Pada sistem CBT, peserta didik dapat menggunakan smart phone untuk menjawab berbagai paket soal dengan memilih jawaban yang benar pada layar komputer. Hasilnya pun dengan mudah dapat diketahui oleh peserta didik sehingga mereka dapat mengevaluasi kemampuan mereka dalam memahami materi pelajaran yang diujikan.

Sebagai satu-satunya sekolah swasta di Kec. Bittuang, Tana Toraja, SMK Kristen Bittuang berusaha membenah diri, baik dari segi SDM guru-guru, infrastruktur, hingga pada kelengkapan dan fungsi fasilitas, terutama komputer dan jaringan perangkat lunaknya. Kendala utama yang dihadapi adalah tenaga pengajar TKJ yang masih kurang serta minat peserta didik. Jurgen yang juga aktivis IMTB (Ikatan Mahasiswa Toraja Barat) menambahkan, “menembus era digital ini mendorong kami melakukan terobosan agar peserta didik mampu menggunakan media pemelajaran komputer untuk menimba ilmu dari berbagai belahan dunia”.

(Tim Agupena)


Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *