HEADLINEJurnalistik

Ada RKB BUMN Telkom di Bimbingan Teknis Pengolahan Kopi

Spread the love

Agupenatanatoraja – Makale

Satuan Kerja Dinas Pertanian Tana Toraja melaksanakan bimbingan teknis pengolahan kopi di Hotel Sahid, Mengkendek, Jumat dan Sabtu (22-23/11).

Acara yang diikuti Kelompok Tani Kopi Tallu Babangan Gandang Batu dan Kelompok Tani Kopi Pango-pango, serta Penyuluh Pertanian dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Tana Toraja, Salvius Pasang.

Dalam arahannya, Kadis yang baru menjabat satu tahun tersebut menekankan agar para kelompok tani betul –betul serius dalam mengelolah industri pertanian di bidang Kopi. Yang mana kelompok tani sudah dibekali dengan berbagai macam peralatan produksi Kopi, Sehingga dapat tercipta UMKM Kopi yang menghasilkan produk-produk kopi terbaik dari Tana Toraja.

Tampil memukau sebagai pemateri di hari Kedua adalah Junsmark Manukallo (sapaan Jens), salah seorang pemerhati dan penggiat UMKM sekaligus Pengelola Rumah Kreatif BUMN PT. Telkom. Materi yang disampaikan Jens mengenai brand (merek), Kemasan, dan sedikit menyinggung tentang bagaimana berjualan online di market place.  Juga diajarkannya kepada pengelola Kopi cara menggunakan alat kemasan yang cukup canggih yang diberikan kepada kelompok Tani.


Menurut Jens,  Rumah Kreatif BUMN PT. Telkom yang ada di Tana Toraja siap mendampingi para pelaku usaha dan belajar bersama di RKB dalam hal membuat label kemasan, brand bahkan memfasilitasi para UMK untuk berjualan online dan menitipkan produk-produk mereka di RKB untuk dipasarkan secara online maupun offline.
Dengan kegiatan ini diharapakan kopi toraja benar-benar dapat menunjukkan taringnya sebagai salah satu komoditas unggulan dari Tana Toraja.

Kelompok tani Kopi dari Pango-pango, memiliki peluang yang sangat cerah, sebab didukung oleh objek wisata yang berada di ketinggian 1500 M dpl, dengan tingkat kunjungan wisatawan yang cukup tinggi 4 tahun terakhir, diharapkan tumbuh banyak UMKM kopi. Jadi semestinya disana sudah tersedia produk2 kopi unggulan yang bisa dibeli oleh para pengunjung sebagai oleh-oleh. Apalagi di awal Desember  tahun ini sudah muncul produk Kopi Toraja Khas dari Pango-Pango, pungkas Jens panjang lebar.

Tim Agupena


Spread the love

2 komentar pada “Ada RKB BUMN Telkom di Bimbingan Teknis Pengolahan Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *